WASPADA COVID – 19, WALIKOTA MOJOKERTO PERPANJANG SISTEM BELAJAR DIRUMAH SAMPAI AWAL JUNI

Tanggal : 21 April 2020 By : Admin

img-fluid

WASPADA COVID – 19, WALIKOTA MOJOKERTO PERPANJANG SISTEM BELAJAR DIRUMAH SAMPAI AWAL JUNI

MOJOKERTO-(GEMA MEDIA)- Berpedoman pada surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB)  No.19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Instansi Pemerintah, serta memperhatikan surat dari Gurbenur Jawa Timur No. 420/2438/101.1/2020 tentang perpanjangan pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19 di Jawa Timur.

Walikota Mojokerto Hj. Ika Puspitasari SE, menghimbau kepada seluruh lembaga satuan pendidikan baik formal dan non formal di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Mojokerto untuk melaksanakan penyesuaian proses pembelajaran dirumah.

“Kebijakan dari rumah dilaksanakan melalui Daring (Online), juga melalui media TVRI, namun tetap dalam pengawasan para guru, kepala sekolah dan di supervisi oleh pengawas sekolah,” ungkap Ning Ita saat pers confrees dengan media di Rumah Rakyat, Jalan Hayam Wuruk, No. 50, Kota Mojokerto.

Pembelajaran dari rumah tersebut tetap memperhatikan kurikulum pendidikan, dengan memprioritaskan kualitas pembelajaran serta tidak memberatkan siswa maupun orang tua, lanjut Ning Ita. Selasa, (21/4/2020).

Lebih lanjut, untuk anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) regular, bahwa sekolah dapat menggunakan anggaran BOS untuk kegiatan pelaksanaan percepatan penanganan Covid-19, serta mendukung pelaksanaan pembelajaran dari rumah via Daring.

Di kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto Amin Wachid, menambahkan pembelajaran di rumah yang  sedianya berakhir pada 21 April 2020, diperpanjang sampai dengan 1 Juni 2020.

“Untuk pembelajaran selama bulan Ramadhan proses tetap berjalan  yang diisi melalui kegiatan keagamaan dengan sistem Daring  (online),” jelasnya.

Untuk ujian, Lanjut Amin, nanti diadakan secara Daring dengan kriteria kelulusan untuk SD dan SMP, memakai Nilai Raport siswa selama 5 semester terakhir ditambah nilai Budi Pekerti dan keputusan Kelulusan diputuskan oleh rapat dewan Guru.

“Kenaikan kelas tingkat SD/MI tanggal 18 Juni 2020, serta Kelulusan SD tanggal 8 Juni 2020, untuk Kelulusan Tingkat SMP tanggal  12 Juni 2020. Untuk Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) dilakukan secara Online dan tetap dengan sistem Zonasi, di laksanakan pada minggu akhir di bulan Juni,” pungkasnya. (Jen/yuk).

Sumber : http://gemamedia.mojokertokota.go.id/2020/04/21/waspada-covid-19-walikota-mojokerto-perpanjang-sistem-belajar-dirumah-sampai-awal-juni/