JUBIR GUGUS TUGAS COVID 19 ANGKAT BICARA, TERKAIT VIRAL POSTINGAN HOAX HARI INI

Tanggal : 10 April 2020 By : Admin

img-fluid

MOJOKERTO – GEMA MEDIA: Viral postingan libur tanpa aktifitas selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 10 hingga 12 April 2020 beredar luas di wilayah Kota Mojokerto. Bahkan di grup whatsapp hingga dibuat status oleh masyarakat umum. Saat ditelusuri Tim GEMA MEDIA, baik pihak kepolisian maupun pihak pemerintah Kota Mojokerto. Hasil penelusuran dan konfirmasi tim patroli cyber provinsi Jawa Timur bahwa berita tersebut dinyatakan Hoax.

Menurut Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid -19, Gaguk Tri Prasetyo, mengatakan masyarakat hendaknya lebih bijak dalam mengikuti media sosial yang sangat sulit dibendung. “ terkait postingan tersebut Pihak Pemerintah Kota Mojokerto tak mengeluarkan himbauan tersebut kepada warga kota” katanya. Saring sebelum sharing, andai dapat postingan cukup dibaca sendiri saja tidak perlu disebar kalau belum tahu kebenaranya. Ingat penyebar berita hoax dapat dipidanya (UU ITE).

Himbauan stay in home atau di rumah saja, memang benar kalau tidak ada yang sangat penting dan wajib pakai masker kalau keluar rumah. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona. Bukan berarti tidak boleh pergi untuk beli bahan makanan kalau memang sudah habis.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar tak panik dan dipikir dulu jika mendapat informasi seperti itu. Tak harus informasi itu ditelan mentah-mentah yang mengakibatkan keresahan.  ” saat ini banyak berita Hoax terkait penyebaran virus corona,” tambahnya.

Sementara itu Ipda Katmanto, Kabaghumas Polresta Mojokerto menuturkan, menurut hasil laporan berita hoax Provinsi Jawa timur berita tersebut dinyatakan Hoax untuk itu tidak perlu resah. Yang penting  selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat diantaranya cuci tangan pakai sabun, meningkatkan imun tubuh dengan makan makanan yang bergizi dan usahakan bisa berjemur setiap jam 10 pagi. (jen/yuk/an)

Sumber : http://gemamedia.mojokertokota.go.id/2020/04/10/jubir-gugus-tugas-covid-19-angkat-bicara-terkait-viral-postingan-hoax-hari-ini/