ADAPTASI PANDEMI COVID-19, BPJS KESEHATAN LUNCURKAN PROGRAM BARU

Tanggal : 25 September 2020 By : Admin

img-fluid

MOJOKERTO-GEMA MEDIA : Kondisi Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini tidak bisa dihindari, namun bukan berarti tidak berbuat apa-apa.  Oleh karena itu, bagi lembaga pelayanan publik terus berusaha untuk mencari solusi baru agar masyarakat tetap dapat terlayani dengan baik.   BPJS Kesehatan misalnya, terus berupaya meningkatkan layanan kepada peserta pemetik manfaat layanan  kesehatan.

Ada 2 (dua) program yang diluncurkan sebagai bentuk adaptasi  dengan kondisi pandemi  Covid-19 yaitu Pandawa (Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp) dan Relaksasi Tunggakan.  Seperti yang dijelaskan oleh Sistri Sembodo Kepala BPJS Cabang Kota Mojokerto  dalam agenda ngobrol santai JKN-KIS BPJS Kesehatan bersama awak media di Ayola Hotel, kamis 24/9/2020.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Feredian Pajar  Riyadi Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan, bahwa pada prinsipnya Program Relaksasi Tunggakan dengan tujuan untuk meringankan bebas peserta dalam membayar sisa tunggakan iuran JKN-KIS. Contohnya jika peserta nunggak 24 bulan, maka sebelum Desember 2020 ini mendaftar untuk relaksasi tunggakan dengan bayar  pertama kali 6 (enam) bulan ditambah 1 (satu) bulan iuran berjalan.  Sedangkan sisanya yang 18 bulan bisa diangsur/dicicil  sesuai kemampuan sampai dengan Desember 2021 dengan tetap bayar iuran rutin. Untuk dapat memanfaatkan program relaksasi tunggakan lanjut Pajar, peserta harus mendaftar terlebih dulu melalui kanal yang ada, Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 dan atau Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Setelah 24 jam baru bisa melakukan pembayaran tunggakan melalui kanal-kanal yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Sedangkan program Pandawa dijelaskan oleh Bagus Prihanto Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta. Untuk program pandawa ini tujuannya adalah meminimalisir kontak fisik atau tatap muka untuk mentaati protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran covid-19.  Adapun jenis layanan Dalam program Pandawa ini antara lain, Pengurangan anggota keluarga, Perubahan Puskesmas, Dokter/Klinik, Perubahan kelas rawat, Perubahan identitas, Pengaktifan atau Penonaktifan WNI dari dan ke Luar Negeri. Perubaan jenis kepesertaan, Perubahan data PNS/TNI/Polri, Pengaktifan kembali Kartu Anak PPU>21 tahun dan Pendaftaran Bayi Baru lahir (BBL).  Untuk memanfaatkan program ini dapat menghubungi Whatsapp  ke Kantor BPJS cabang Kota Mojokerto Nomor : 0822 4183  7700. (an)

Sumber : http://gemamedia.mojokertokota.go.id/2020/09/24/adaptasi-pandemi-covid-19-bpjs-kesehatan-luncurkan-program-baru/