Pertama Di Jawa Timur, Walikota Mojokerto Berikan Bantuan Internet Gratis Bagi Siswa SD, SMP Selama Pandemi Covid-19

Tanggal : 22 July 2020 By : Admin

img-fluid

MOJOKERTO –(GEMA MEDIA-)- Pemkot Mojokerto melalui Dinas Pendidikan akan memberikan keringanan berupa paket data gratis selama kondisi Covid-19 berlangsung. Dikarenakan model pembelajaran pada siswa mulai dari sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga perguruan tinggi, semuanya menerapkan pembelajaran secara virtual.

Salah satu Upaya dalam memberikan kenyamanan dan keamanan di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Mojokerto. Tak terkecuali pada sektor pendidikan. Untuk itu, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari secara resmi memberikan paket data gratis kepada 15.609 siswa dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Paket data ini, akan diberikan kepada kurang lebih 16 ribu siswa SDN dan SMPN setiap bulan. Untuk siswa SD, diberikan paket data sebesar 8 Gigabyte. Sedangkan untuk siswa SMP, akan di berikan 15 Gigabyte setiap bulannya. Paket data tersebut khusus digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Sehingga, jika para siswa yang hendak menggunakannya untuk bermain game, stalking media sosial dan aktifitas lainnya melalui smartphone atau laptop, maka secara otomatis tidak bisa terhubung. Hal ini, dikarenakan paket data yang diberikan didesain khusus dari pemerintah daerah hanya untuk model pembelajaran saja.

“Paket data internet gratis bagi siswa – siswi SD dan SMP Negeri di Kota Mojokerto, insya Allah akan segera direalisasikan bulan Agustus mendatang”, ungkap Walikota usai menanda tangani MoU (Perjanjian Kesepakatan) Pemerintah Kota Mojokerto dengan PT. Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) untuk penyediaan paket data ini. Di Ruang Nusantara , Rabu (22/7/2020).

Masih Ning Ita, terima kasih dan apresiasi yang tinggi kami sampaikan kepada Indosat Ooredoo, yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Sigit Pramudyantoro selaku VP – Head of East Regional, atas peran serta dan sinerginya dalam mendukung kebijakan Pemerintah Kota Mojokerto. Karena ini baru pertama kali program pertama bantuan paket data kepada siswa untuk proses belajar mengajar melalui daring.

Menyikapi pandemi ini, kami dari Gugus Tugas, tidak hanya berfokus pada pelayanan kesehatan, penyediaan jaring pengaman sosial, dan pemulihan ekonomi. Namun, kebijakan dalam dunia pendidikan juga masuk dalam perhatian kami. “Oleh karena itu, melalui bantuan paket data gratis bagi siswa ini, diharapkan dapat sedikit meringankan beban orang tua siswa. Dan juga, agar anak – anak dapat terus bersemangat melaksanakan pembelajaran. Meskipun, dilaksanakan dengan metode daring,” tegasnya.

Kebijakan ini sekaligus menjadi kerangka besar transformasi Kota Mojokerto menuju kota digital. Dengan tujuan, untuk membiasakan siswa, orang tua, dan guru untuk memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Pemberian paket data secara gratis ini, tidak lain untuk meringankan beban wali murid selama pandemi Covid-19 berlangsung. Sehingga orangtua tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi selama putra-putrinya menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau secara daring setiap harinya. Tak hanya itu, para wali murid tidak perlu khawatir jika paket data tersebut akan disalahgunakan oleh anak-anak untuk bermain game atau media sosial lainnya. Sebab, paket data yang diberikan oleh pemerintah telah dikunci secara khusus dan hanya digunakan untuk pembelajaran.

“Paket data ini khusus pembelajaran. Tidak bisa dibuat kabar, Tik Tok, atau media sosial lainnya. Selain meringankan beban orangtua, paket data ini merupakan upaya mempermudah proses pembelajaran, dalam kerangka besar transformasi Kota Mojokerto menuju kota digital. Semuanya akan terdigitalisasi kedepan. Baik dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, hingga sosial budaya. Dari sana, kita punya bekal pemetaan untuk tahu program apa yang bisa dikembangkan Pemkot agar bisa semakin mendukung tumbuh kembang para pelajar kita,” imbuhnya.

Perlu di ketahui Paket data gratis yang diberikan oleh Pemerintah Kota Mojokerto melalui kerjasama dengan provider PT Indosat TBK, hari ini diserahkan secara simbolis oleh Ning Ita dengan didampingi Wakil Walikota Achmad Rizal Zakaria bersama Vice President East Regional Division PT Indosat, Sigit Pramudyantoro dan Kepala Dinas Pendidikan Amin Wachid, kepada 16 siswa SD dan SMP di Ruang Nusantara, Kantor Pemerintah Kota Mojokerto. (jen/yuk).

Sumber : http://gemamedia.mojokertokota.go.id/2020/07/22/pertama-di-jawa-timur-walikota-mojokerto-berikan-bantuan-internet-gratis-bagi-siswa-sd-smp-selama-pandemi-covid-19/