SIDAK KAWASAN PHYSICAL DISTANCING RUAS JALAN PROTOKOL, EFEKTIF MEMUTUS PENYEBARAN COVID-19

Tanggal : 27 April 2020 By : Admin

img-fluid

MOJOKERTO-GEMA MEDIA: Walikota Mojokerto Hj. Ika Puspitasari SE, melakukan sidak ke kawasan Physical Distancing didampingi Wakil Walikota dan tim gugus tugas, Minggu malam (26/4/2020).  Terkait surat edaran Walikota Mojokerto Nomor :443.33/4026/417.309/2020 Ning Ita saapan akrab Walikota, menjelaskan beberapa point. Pertama, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan pakai sabun. Kedua, melaksanakan physical distancing di beberapa ruas jalan protokol, yang berlaku mulai 25 April sampai 30 Mei 2020 mulai pukul 19.00-06.00.

Ada beberapa tempat yang dikunjungi Walikota dalam sidak lapangan diantaranya, Jalan Majapahit, Benteng Pancasila dan Jalan Empunala serta beberapa ruas jalan yang di terapkan kawasan physical distancing,dan jam buka malam bagi toko, warung, cafe.

Ning Ita, mengatakan kepada awak media, bahwa penerapan Physical Distancing di beberapa ruas jalan berlangsung efektif dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19.  “Ini tadi saya lihat di hari kedua semenjak dilakukannya penutupan ruas jalan di Kota Mojokerto ternyata berjalan sangat efektif, meskipun ada beberapa pedagang yang masih buka diluar batas jam yang sudah di tetapkan,” ungkapnya.

Menjumpai ini masih kata Ning Ita, langsung kita berikan himbaun dan peringatan kepada mereka  yang kemungkin terlewat belum memahami terkait surat edaran tersebut atau tidak tahu perihal edaran itu, dan ini tadi peringatan terakhir.  “Tadi saya menghimbau kepada pedagang, mereka masih bisa berjualan dengan mengubah jam buka lebih siang dan melayani (takeway) atau di bawa pulang,” katanya.

Dimasa seperti ini semua element memang terdampak baik sektor ekonomi, sosial dan sebagainya. Oleh sebab itu mulai dari Pemerintah Pusat, Provinsi, sampai Daerah sudah melakukan berbagai upaya untuk masyarakat yang terdampak covid-19 melalui jaring pengaman sosial.

“Mulai minggu kedua bulan April kemarin kita sudah salurkan bantuan tunai dan non tunai kepada masyarakat secara langsung, diharapkan bisa mengurangi beban ekonomi akibat covid-19,” imbuhnya. Sekarang bantuan dan sasaran kita perluas lagi mengingat banyak yang terdampak dan mengalami penurunan ekonomi karena wabah ini.

“sebanyak 15.000  Kepala Keluarga  yang dalam waktu dekat ini akan kita bagikan bagi warga terdampak yang sebelumnya tidak masuk kategori berpenghasilan rendah dan sekarang masuk dalam kategori tersebut ini yang akan kita berikan bantuan,” ungkapnya.(jen/an)

Sumber : http://gemamedia.mojokertokota.go.id/2020/04/27/sidak-kawasan-physical-distancing-ruas-jalan-protokol-efektif-memutus-penyebaran-covid-19/