PERINGATI HARI KARTINI, DWP KOTA MOJOKERTO GELAR BHAKTI SOSIAL DI RUMAH PEDULI LANSIA

Tanggal : 23 April 2020 By : Admin

img-fluid

MOJOKERTO-GEMA MEDIA : Peringatan Hari Hartini tahun ini, berbagai kegiatan banyak difokuskan terhadap penanganan covid-19. Demikian juga Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Mojokerto dalam memperingati pejuang emansipasi wanita itu menggelar kegiatan bhakti social bertempat di Rumah Peduli Lansia “Tri Buana Tungga Dewi “Kota Mojokerto, rabu 22/4/2020.

Ny.Dewi Ratnawati Gaguk Tri Prasetyo ketua DWP Kota Mojokerto dalam sambutannya menyampaikan, tujuan ke Rumah Peduli Lansia kali ini antara lain silaturahmi dan pengembangan dari kegiatan sosial  dalam upaya pencegahan covid-19.  Selain itu, juga sebagai bentuk empati dalam menghadapi situasi seperti sekarang ini.  Kepada para orangtua yang notabene tidak punya keluarga, isteri Kadishub ini memberikan semangat, agar nenek-nenek  kita ini tetap bersabar dan selalu dalam keadaan sehat. “saya dan ibu-ibu disini juga sebagai anak  yang harus mempunyai empati dan bhakti para orangtua”,katanya.  Kita semua saat lahir sendiri dan ketika matipun sendiri, jadi ibu-ibu yang disini jangan merasa sendiri ya, anggap semua ini adalah keluarga, ucap Ny. Dewi yang begitu menyentuh hati. Menghadapi wabah covid19 saat ini mari sabar dan berdoa serta mentaati aturan pemerintah.

Bantuan yang diberikan kali ini lanjutnya, berupa bahan pokok Beras, gula,minyak goreng, mie instan, susu, ditambah makanan siap saji seperti nasi kotak, kue kering. Selain itu  untuk menjaga perilaku hidup bersih sehat, DWP juga memberikan sabun cuci tangan, dan masker. Semua itu atas dana urunan/donator suka rela dari pengurus DWP Kota Mojokerto. “semoga bantuan yang ada ini dapat bermanfaat” terangnya.

Kedatangan pengurus DWP Kota diterima oleh Fauzan salah satu pengelola Rumah Peduli Lansia “Tri Buana Dewi” yang berlokasi di Lingkungan pondok Sosial Balongrawe Baru Kelurahan Kedundung. Fauzan bercerita bahwa, Rumah Peduli Lansia ini berdiri sejak tahun 2016. Sampai dengan saat ini sudah dihuni 27 (dua puluh Tujuh) orang warga Kota Mojokerto. Dari jumlah tersebut yang 3 (tiga) orang sudah bertemu keluarganya dan diajak pulang, 4 (empat)  orang sudah meninggal dunia. Jadi saat ini yang masih tinggal sebanyak 20 (dua puluh orang) orang (13 orang perempuan dan 7 orang laki-laki).

Menurut Fauzan yang berhak menempati Rumah ini hanya warga Kota Mojokerto, untuk bisa sampai kesini sebagian besar diantar oleh KetuaRT/RW karena sebatangkara dan ada juga yang ditemukan oleh petugas di jalan/ tempat umum. Kegiatan yang dilakukan oleh para lansia ini antara lain, pemeriksaan kesehatan, senam lansia, dan konsultasi psykologi dan pengajian dan ini dilaksanakan secara rutin sesuai jadwal.  (an)

Sumber : http://gemamedia.mojokertokota.go.id/2020/04/22/peringati-hari-kartini-dwp-kota-mojokerto-gelar-bhakti-sosial-di-rumah-peduli-lansia/