GERAKAN BERSAMA STOP COVID 19, TIGA ORGANISASI BAGI-BAGI MASKER DAN DISPENSER

Tanggal : 16 April 2020 By : Admin

img-fluid

MOJOKERTO -GEMA MEDIA: Tiga organisasi yaitu Forum Kota Mojokerto Sehat, Tim Penggerak PKK Kota dan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kota Mojokerto melakukan gerakan bersama stop covid 19, rabu 15/4/2020.  Gerakan yang dilakukan berupa pembagian 1000 masker kepada para pedagang dan pengunjung di Pasar Tanjung Anyar, bantuan 10 paket alat Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Air mengalir untuk 10 titik e-warung yang ada di 10 Kelurahan.Masing- masing paket berisi Tong dispenser, sabun cuci tangan dan tempatnya, cairan disinfektan dan alatnya semprotnya, masker, dan sarung tangan.

Dipilihnya sasaran e-warung menurut Riani,SH,M.Si ketua Forum Mojokerto Sehat adalah untuk mengedukasi warga miskin yang hendak mengambil sembako bantuan pemerintah melalui e-warung.  Sebab ditempat ini terjadi transaksi pengambilan bahan pokok tersebut. “pada saat layanan e-warung banyak warga yang datang yang jumlahnya tidak sedikit, maka sebelum transaksi diwajibkan cuci tangan dulu dengan menggunakan sabun pada air mengalir, maka tim membantu sarana dan prasarana tersebut” kata Riani.  Selain itu pada e-warung juga diberi bantuan masker untuk petugas yang melayani serta sarung tangan dan cairan disinfektan beserta alat semprotnya.

Terkait pembagian masker dijelaskan oleh Ny. Nur Chasanah Rizal Zakaria isteri wawali selaku ketua TP-PKK Kota Mojokerto kerena di Pasar masih 85 % warga pasar pasar baik pedagang maupun pembeli belum membiasakan pakai masker.  Padahal di pasar ini sangat rentan, karena lalu lintas orang dari berbagai penjuru dalam kondisi fisik yang bernacam-macam.”sambil edukasi, kita beri masker dan langsung dipakai kita harapkan maskaer harus dipakai tiap hari untuk mencegah penyebaran vius corona” terangnya.

Cairan disinfektan yang diberikan di e-warung menurut Tamyis ketua HAKLI adalah untuk menyemprot area sekitar e-warung yang berulang-ulang dillalui orang. Sebab satu titik e-warung sekitar 300 sd. 500 orang yang mengambil sembako.  Namun untuk kondisi saat ini, pelayanan e-warung dijadwal sekitar 3 hari untuk meminimalisir kerumunan massa, jelas Tamyis.

Giat bakti social kali ini akan dilanjutkan kegiatan berikutnya dengan membagi sembako bagi tukang becak dan warga yang yang terdampak covid 19. (an)

Sumber : http://gemamedia.mojokertokota.go.id/2020/04/16/gerakan-bersama-stop-covid-19-tiga-organisasi-bagi-bagi-masker-dan-dispenser/