DINAS P3AKB, SOSIALISASI CEGAH COVID 19 DAN BAGI MASKER BAGI PENGGUNA JALAN

Tanggal : 14 April 2020 By : Admin

img-fluid

MOJOKERTO – GEMA MEDIA :Semangat yang luar biasa dalam menghentikan penularan Corona Virus Deseases (Covid 19).  Virus yang mematikan tersebut benar-benar berdampak terhadap berbagai sector kehidupan. Mulai dari ekonomi, pendidikan, dan bahkan peribadatan demikian juga denga pelayanan  public.  Berbagai pihak berupaya membantu pemerintah agar segera sirna musibah yang dihadapi oleh penduduk di dunia.

Selain secara kedinasan, tidak sedikit kerelawanan social dilakukan oleh banyak pihak baik di lingkungan pemerintah maupun swasta.  Salah satu contohnya perkumpulan penyuluh KB se-Kota Mojokerto ikut serta membagi-bagi masker kepada pengguna jalan yang kedapatan tidak memakai masker.  Selain pengguna jalan juga masyarakat sekitar yang hendak lewat, tak terkecuali tukang becak.

Juanedi, SH,M,Si Kabid pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) Kota Mojokerto menyampaikan, pembagian masker kali ini merupakan upaya membantu pemerintah dalam menghadapi wabah corona yang sampai saat ini belum sirna.  “kami bersama penyuluh dan staf Dinas P3AKB menggalang donasi suka rela untuk membeli masker ini” katanya saat ditemuai di depan Kecamatan Magersari jalan Empunala. Selain sosialisasi bagaimana cara mencegah/ memutus mata rantai penularan Covid 19 ini, para penyuluh KB ini juga menekankan agar tidak lupa dengan program KB, jangan sampai terlewati/terlupakan.  Jika sudah waktunya diganti atau diperpanjang sebaiknya segera menghubungi petugas PLKB atau Puskesmas terdekat.

Selain membagi masker, petugas ini membagi stiker yang bertuliskan himbauan dalam bentuk pantun.  Tujunnya agar pesan tersebut lebih mengena.  “Awas idumu muncrat gawe o masker saiki. Lek Bapakmu muncrat gawe o alat kontrasepsi”.  Ora penting lepenan penting maskeran, penting maneh gawe alat kontrasepsi untuk jaga jarak kehamilan “ dan masih manyak pesan-pesan lainnya.

Menggunakan mobil layanan KB, para  penyuluh KB ini menghimbau agar membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, rajin berolahraga, dan jaga jarak serta wajib memakai masker saat diluar umah. Bersosialisasi dan membagi masker gratis ini bertempat di 3 (tiga) wilayah Kecamatan, yaitu Mgersari di jalan empunala (depan kantor), Jl. Taman Siswa Kecamatan Kranggan dan depan Kecamatan Prajuritkulon.  Sedikitnya 500 masker ludes dalam waktu beberapa menit. (an)

Sumber : http://gemamedia.mojokertokota.go.id/2020/04/13/dinas-p3akb-sosialisasi-cegah-covid-19-dan-bagi-masker-bagi-pengguna-jalan/