DUKUNG WAJIB PAKAI MASKER DILUAR RUMAH, DISKOMINFO DAN DISHUB BAGI MASKER GRATIS

Tanggal : 10 April 2020 By : Admin

img-fluid

MOJOKERTO-GEMA MEDIA: Guna mendukung wajib pakai masker diluar rumah, Dinas Kominfo dan Dinas Perhubungan Kota Mojokerto memberikkan sosialisasi dan sekaligus membagi masker secara gratis bagi pengguna jalan dan Jukir utamanya yang dijumpai tidak memakai masker. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mensukseskan kebijakan Pemerintah Kota Mojokerto  sebagai Kota wajib pakai masker saat beraktifitas diluar rumah sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Walikota Mojokerto Ika Puspitasari beberapa waktu lalu. Hal itu disampaikan oleh Gaguk Tri Prasetya, ATD,MM Kepala Dinas Perhubungan sekaligus Plt.Kepala Dinas Kominfo Kota Mojokerto ditengah-tengah pengguna jalan di simpang lampu merah Sekarsari, Kamis 9/4/2020.

Menurut Gaguk, penggunaan masker merupakan salah satu alat pelindung diri utamanya dalam mencegah penularan Corona Virus Deases (Covid 19) di Kota Mojokerto.  “ kegiatan kali ini adalah merupakan bentuk sosialisasi sekaligus pembagian masker secara gratis, yang diinisiasi oleh kedua lembaga yaitu Dishub dan Diskominfo yang dibantu oleh Satlantas Polresta Mojokerto” jelasnya.  Harapan saya  setelah kegiatan ini masyarakat  yang belum pakai masker akan menyadari betapa pentingnya menggunakan masker tersebut untuk melindungi diri sendiri, keluarga dan orang lain dari bahaya covid 19. “kalau sekarang yang diberi kan Cuma satu setiap orang, ini sebagai stimulant selanjutnya masyarakat akan mandiri menggunakan masker tersebut sebagai salah satu kebutuhan hidup sehat.  Penggunaan masker ini diharapkan menjadi budaya dan gaya hidup sehat” terang gaguk.

Pada kesempatan tersebut Gaguk juga menghimbau agar masyarakat tidak melakukan kegiatan mudik dalam situasi pandemi covid 19.  Jika ada yang memaksakan diri untuk mudik, maka harus melalui protokoler kesehatan dan prosedur yang telah ditentukan. Diantaranya harus melaporkan melalui RT/RW dan Kelurahan kemudian dilakukan stresing kesehatan oleh Puskesmas.  Jika pemudik tersebut berasal dari daerah positif terjangkit harus mengikuti prosedur karantina dengan isolasi mandiri atau karangtina yang disediakan oleh Pemerintah Kota Mojokerto selama 14 hari.

Hal senada juga disampaikan oleh Ipda Karen  KBO Satlantas Polres Mojokerto Kota bahwa, Kapolresta juga mewajibkan anggota dan masyarakat untuk menggunakan masker.  Selain itu diharapkan masyarakat tidak perlu panic tetapi tetap waspada, biasakan mencuci tangan dengan sabun, stay di rumah saja kalau tidak ada keperluan yang sangat penting.

Sedikitnya ada 1000 (seribu) Masker jenis kain  yang dibagikan di sepanjang jalan Gajah Mada dan para Jukir yang ada di Jalan Mojopahit. Menurut Siti Nur’aini Kasi Statistik Diskominfo yang mengkoordinir kegiatan ini menyampaikan, bahwa pengadaan  masker tersebut merupakan sumbangan sukarela dari pegawai Diskominfo dan Dishub. Dipilihnya bahan kain agar dapat digunakan kembali setelah dicuci bersih dan dipastikan bebas dari virus apapun.  Setelah melakukan pemantauan bersama tim, ternyata masih banyak masyarakat yang belum menggunakan masker, utamanya di pertokoan Jl. Mojopahit masih dijumpai beberapa toko besar  yang seluruh karyawannya tidak memakai masker” katanya. Untuk ini perlu adanya surat teguran agar ikut serta mewujudkan Kota wajib menggunakan masker.(an)

Sumber : http://gemamedia.mojokertokota.go.id/2020/04/09/dukung-wajib-pakai-masker-diluar-rumah-diskominfo-dan-dishub-bagi-masker-gratis/2/