Ning Ita Sebut Vaksinasi Covid-19 Untuk 11 Ribu Siswa di Kota Mojokerto Rampung Akhir Desember 2021

Tanggal : 22 December 2021 By : Dinas Kominfo

img-fluid

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Sebanyak ribuan siswa sekolah dasar di Kota Mojokerto menjalani vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Covid-19 jenis Sinovac.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak tersebut diperuntukkan bagi siswa kelas III dan kelas VI sekolah dasar negeri maupun swasta di seluruh wilayah Kota Mojokerto.

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari (Ning Ita), bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Amin Wachid tampak meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di SDN Balongsari.

Ning Ita mengatakan sasaran vaksinasi Covid-19 saat ini adalah siswa kelas III dan kelas VI yakni anak usia 9 tahun hingga 11 tahun. 

Sedangkan, siswa kelas I dan kelas II baru saja menerima vaksinasi Campak sehingga pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan dilaksanakan pada pertengahan Januari, Tahun 2022.

"Tempat vaksinasi Covid-19 bagi anak yang akan diselenggarakan di 15 Fasyankes dan juga diseluruh sekolah SDN dan sekolah MI Kota Mojokerto," ungkapnya, Jumat (16/12/2021).

Menurut dia, adapun sasaran vaksinasi anak usia 6 tahun hingga 11 tahun di Kota Mojokerto sekitar 16.618 siswa.

Dari total sasaran tersebut ditargetkan vaksinasi Covid-19 sekitar 11.079 siswa rampung, pada Jumat (24/12/2021). 

"Target vaksinasi untuk siswa SD kelas III dan kelas IV karena sementara belum bisa dilakukan karena mereka baru saja mendapatkan vaksinasi Campak sehingga harus ada interval baru boleh diberi vaksin Covid-19," terangnya.

Walikota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini menyebut Dinas Kesehatan sesuai juknis dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) menyesuaikan dosis vaksinasi Covid-19 untuk anak yakni Sinovac dengan tingkat efikasi yang tidak terlalu tinggi.

"Maka saya sampaikan pada wali murid jangan khawatir bahwa pemerintah memberikan vaksin Covid-19 ini tujuannya agar disaat pelaksanaan pembelajaran di kelas maka anak tidak perlu dikhawatirkan terkait risiko terpapar Covid-19," ucap Ning Ita.

Kadindik Kota Mojokerto, Amin Wachid menambahkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi siswa ini berdasarkan persetujuan wali murid.

Diharapkan, vaksinasi Covid-19 bagi siswa ini dapat menciptakan Herd Immunity terutama di lingkungan sekolah.

"Vaksinasi ini mencegah keterpaparan Covid-19 terutama di lingkungan sekolah sekaligus mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah," pungkasnya.