Vaksinasi Bagi Anak 6-11 Tahun di Kota Mojokerto Dimulai

Tanggal : 22 December 2021 By : Dinas Kominfo

img-fluid

Mojokerto - Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kota Mojokerto mulai diberikan demi mencegah paparan Covid-19 di kalangan anak-anak.

Siswa SDN Balongsari V dan VI mendapatkan giliran pertama yang divaksin. Pemberian vaksin kepada anak ini ditarget selesai pada tanggal 24 Desember 2021 mendatang.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto, Amin Wachid meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi anak.

"Untuk tahun ini, fokus pemberian vaksin hanya untuk siswa kelas tiga sampai enam saja. Kelas satu dan dua belum bisa, karena baru mendapat vaksin campak," kata Ika Puspitasari dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jumat (17/12/2021).

Maka dari jumlah 16.618 siswa sekolah dasar, jumlah siswa yang akan menerima vaksin sebanyak 11.079 siswa. Sedangkan sisanya akan diberikan di tahun berikutnya.

"Karena harus ada interval, jadi harus ditunggu dulu. Sisanya di pertengahan bulan Januari tahun 2022 mendatang," jelasnya.

Selain di sekolah SD atau MI, vaksin untuk anak juga tersedia di 15 fasilitas kesehatan masyarakat di Kota Mojokerto untuk mempercepat vaksinasi.

Menurut Ning Ita sapaan akrab wali kota, vaksin yang digunakan adalah Sinovac. Ia juga berpesan kepada para wali murid agar tidak ragu mengikutsertakan anak-anaknya untuk divaksin.

"Dipilih jenis sinovac karena tingkat efikasinya tidak terlalu tinggi. Lalu, takaran dosisnya juga sudah disesuaikan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mojokerto berdasarkan juknis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes)," harap Ning Ita.

Ia juga menambahkan jika pelaksanaan vaksinasi juga untuk melindungi anak-anak agar di saat pelaksanaan tatap muka tidak perlu khawatir lagi. Sebab vaksin akan memperkuat imunitas dalam tubuh anak, sehingga lebih kebal terhadap virus.