Persiapan PTM, 203 Anggota Pramuka Kota Mojokerto Divaksin COVID-19

Tanggal : 23 August 2021 By : Dinas Kominfo

img-fluid

Jakarta -

Ratusan anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Mojokerto mendapatkan vaksinasi AstraZeneca. Kegiatan vaksinasi ini dilakukan sebagai upaya menuju herd immunity (kekebalan kelompok) serta persiapan pembelajaran tatap muka (PTM).

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Mojokerto, Supriyadi Karima Syaiful yang didampingi Wakil Ketua Bina Muda, Amin Wachid mengungkap vaksinasi dimulai sejak 20-21 Agustus 2021 pada 4 Puskesmas di Mojokerto. Adapun keempat Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Blooto, Wates, Magersari dan Kranggan. Menurutnya, kegiatan ini dilakukan secara bertahap dan terpisah guna mencegah kerumunan massa.

"Vaksinasi COVID-19 ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Mojokerto dalam menyukseskan program vaksinasi COVID-19 untuk menuju herd immunity (kekebalan kelompok)," jelas Supriyadi dalam keterangan tertulis, Minggu (22/8/2021).

Suami Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari ini mengaku bangga dengan antusiasme para anggota Pramuka Kwarcab Kota Mojokerto. Ia menilai hal ini sejalan dengan semangat pramuka yang harus tetap berkobar dan mengabdi kepada negeri di kala pandemi.

"Pada masa normal baru, gerakan pramuka dibutuhkan dalam memberikan pencerahan kepada publik agar laju gerak COVID-19 bisa dicegah. Beberapa pencerahan bisa dilakukan dengan mengkampanyekan gerakan vaksinasi, hidup sehat, memakai masker, mematuhi protokol kesehatan, menghindari kerumunan, dan sebagainya," terangnya.

Ia menambahkan kegiatan vaksinasi yang dilakukan pihaknya merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Pramuka ke-60. Supriyadi berharap dengan kegiatan ini dapat mendorong upaya peningkatan cakupan vaksinasi COVID-19 di masyarakat untuk meningkatkan kekebalan kelompok.

"Meskipun capaian vaksinasi kita sudah yang tertinggi di Jawa Timur, namun itu tidak akan ada artinya jika masyarakat tidak patuh terhadap prokes. Untuk itu kita mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebab, Kota Mojokerto masih masuk level 4 PPKM," tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bina Muda Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Mojokerto, Amin Wachid menjelaskan vaksinasi ini merupakan hasil kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Mojokerto. Diketahui, kegiatan vaksinasi kali ini diikuti anggota pramuka Kwarcab Kota Mojokerto tingkat SMP, SMA dan pembina pramuka.

"Vaksinasi ini atas inisiatif kakak Ketua Pramuka Kwarcab Kota Mojokerto. Jumlah yang divaksin sebanyak 203 orang, dengan rincian 100 orang dari Kwaran Prajurit Kulon, 55 orang dari Kwaran Magersari, 27 orang dari Kwarcab dan 21 orang dari Kwaran Kranggan," pungkasnya.

(akn/ega)