BERSAMA MASYARAKAT, HAKLI KOTA MOJOKERTO ADAKAN GERAKAN SANITASI LINGKUNGAN NASIONAL STOP COVID-19

Tanggal : 06 April 2020 By : Dinas Kominfo

img-fluid

MOJOKERTO – GEMA MEDIA :  Sebagai langkah untuk membantu Pemerintah  dalam memutus mata rantai penyebaran corona virus deseases (Covid-19), Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kota Mojokerto mengadakan Gerakan Sanitasi Lingkungan Nasional (GSLN), sabtu 4/4/2020.

GSLN yang dilaksanakan bersama masyarakat  kali ini, dalam bentuk bagi-bagi perlengkapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi  petugas posko covid-19 di Kelurahan dan Kecamatan se-Kota Mojokerto. Adapun perlengkapan yang diberikan antara lain, Cairan disinfektan lengkap dengan alat semprotnya, handsanitizer mobile, dan sabun cuci tangan.

Tamyis,AM.d,KL ketua HAKLI Kota Mojokerto menuturkan,  kegiatan GSLN kali ini dengan tujuan ingin berperan aktif membantu program pemerintah dalam rangka mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19 di Kota Mojokerto. Untuk kali ini diprioritaskan pada petugas posko covid-19 yang ada di Kelurahan dan Kecamatan. Petugas posko juga berada pada garda depan, yang telah siaga melayani masyarakat dalam menghadapi pandemic covid-19, katanya.

Untuk penyediaan bahan dan alat tersebut kata Tamyis, dana dari khas HAKLI Kota Mojokerto dan Donasi dari anggota, namun kami juga akan membuka donasi untuk umum pada kegiatan kami selanjutnya.

Dalam pendistribusian kali ini ketua dibantu oleh anggota dari para Sanitarian Puskesmas dan anggota Forum Kota Mojokerto  Sehat.  Tim datang disambut oleh lurah dan petugas posko yang terdiri dari Babinsa, Babinkamtibmas dan kasi Trantib Kelurahan serta anggota lainnya. Selain menyerahkan bantuan para Sanitarian juga menjelaskan tentang tata cara penggunaan perlengkapan tersebut agar lebih efektif.

Organisasi HAKLI dibentuk untuk menghimpun, membina, mengembangkan dan mengamalkan IPTEK dibidang kesehatan lingkungan dalam mencapai Lingkungan yang sehat. Sedangkan yang tergabung dalam HAKLI adalah tenaga kesehatan atau setiap orang dengan latar belakang pendidikan Kesehatan Lingkungan.  HAKLI berharap dengan kegiatan ini, kita semua dapat bebas dari virus yang dapat mematikan tersebut, terang Tamyis. (an)

Sumber : http://gemamedia.mojokertokota.go.id/2020/04/04/bersama-masyarakat-hakli-kota-mojokerto-adakan-gerakan-sanitasi-lingkungan-nasional-stop-covid-19/